Thursday, November 10, 2011

Menlu Pakistan Ternyata Fashionista Sejati

media_perempuan_headline en.wikipedia.org

SETELAH Michelle Obama, Sonia Gandhi, dan Hillary Clinton, Hina Rabbani Khar adalah perempuan berikutnya yang memasuki dunia politik. Di balik sosoknya yang terlihat keras sebagai Menteri Luar Negeri Pakistan, Hina ternyata seorang fashionista!

Publik Pakistan pun menyetujuinya, mereka menyukai penampilan sang menlu yang senantiasa stylish. Hal itu setidaknya terlihat dari kegemarannya mengenakan tas Birkin dan Jimmy Choo. Lalu siapakah sebenarnya Hina yang merupakan perempuan pertama sekaligus termuda yang menjabat menlu dalam sejarah Pakistan?

Terlahir di dalam salah satu keluarga paling menonjol dan berpengaruh dalam politik Pakistan, Hina Rabbani Khar mengukir prestasinya sendiri ketika ia menjadi perempuan pertama dan termuda di negaranya pada 20 Juli 2011.

Lulusan pendidikan perhotelan yang baru berusia 34 tahun menghadapi ujian pertamanya sebagai menteri hanya enam hari setelah menjabat. Kala itu, ia tengah pergi ke India untuk menghadiri perjanjian damai bilateral. Sebelum menapakkkan kaki di 'Negeri Bombay', media lokal dan situs jejaring sosial beramai-ramai mempertanyakan kapabilitasnya sebagai menteri.

Ketika ibu dari tiga anak ini mendarat di bandara New Delhi, tampak Hina turun mengenakan kacamata hitam Roberto Cavalli dan tas hitam besar dari Hermes, Birkin, belum lagi perhiasan eksklusif di lehernya dan telinganya. Penampilannya itu seketika memenangi hati para fashionista. Latar belakang Hina lahir pada 19 Januari 1977 di Multan, Punjab, Pakistan.

Dia adalah putri dari politikus Ghulam Rabbani Khar Noor dan keponakan dari Ghulam Mustafa Khar. Dia lulus dari Iniversitas Lahore Ilmu Manajemen pada 1999 dan menerima gelar MSc dalam bidang manajemen perhotelan dari Universitas Massachusetts pada 2001.

Hina lalu menikah dengan seorang pengusaha bernama Imran Khan. Pasangan ini telah memiliki dua putra dan satu putri. Selain menggemari polo, Hina adalah salah satu pemilik Polo Lounge, sebuah restoran kelas atas yang populer terletak di Polo Grounds Lahore.

Sebelumnya, ia pernah menjabat Menteri Negara Urusan Ekonomi dan Statistik pada kabinet Yousaf Raza Gillani. Pada 13 Juni 2009, ia menjadi perempuan pertama yang memberikan pidato anggaran di Majelis Nasional.

Ia lalu diangkat menjadi Menteri Negara Urusan Luar Negeri pada tanggal 11 Februari 2011 sebagai bagian dari perombakan kabinet Perdana Menteri Gillani. Setelah pengunduran diri Shah Mehmood Qureshi sebagai menteri luar negeri, Khar secara resmi diangkat menteri luar negeri pada 19 Juli 2011 oleh Presiden Asif Ali Zardari dan dilantik pada 20 Juli 2011.(Pri/X-13)

0 comments:

Post a Comment