Thursday, November 10, 2011

Eka Sandiri Patok Dua Emas


Eka Sandiri Patok Dua Emas
Renang Indah---ANTARA/Puspa Perwitasari/ip

PALEMBANG--MICOM: Atlet renang indah Indonesia, Eka Sandiri, menargetkan dua medali emas pada SEA Games XXVI, di Palembang, Sumatra Selatan, 11-22 November 2011.

"Target saya dua emas, saya akan berusaha maksimal meraihnya. Apalagi, Indonesia menjadi tuan rumah," kata Eka, di Palembang, Kamis (10/11).     

Eka optimistis meraih hasil positif pada SEA Games kali ini, mengingat sebelumnya berhasil menorehkan satu medali emas pada ajang Macau Open beberapa waktu lalu. "Indonesia dapat tiga emas di Macau Open, dan satu medali berasal dari saya. Itulah yang membuat berani pasang target dua emas," ujar dia.

Dia menambahkan, sangat termotivasi memberikan hasil terbaik, karena bertanding di arena olahraga bertaraf internasional, Stadion Akuatik Jakabaring, Palembang (Sumsel).

"Stadionnya megah sekali, seperti di luar negeri saja. Pertama kali datang, saya sempat kaget karena jauh dari perkiraan. Saya menjadi semakin termotivasi untuk meraih emas, apalagi nanti mendapat dukungan dari penonton," ujar mahasiswa Universitas Bina Nusantara Jakarta ini pula.

Menurut dia, latihan lebih awal dari kontingen lain cukup membantu kesiapan mental para atlet yang akan bertanding, 19-21 November nanti. "Tim sudah coba arena akuatik lebih dahulu dibandingkan tim atlet dari negara lain. Memang cukup membantu terutama kesiapan mental, agar tidak terlalu tegang saat bertanding nanti," kata atlet kelahiran Solo, 13 Januari 1988.

Tim nasional renang Indonesia melakukan pemusatan latihan sejak Januari 2011 di bawah asuhan pelatih asal China. Eka beserta atlet sesama pelatnas mendapat kesempatan beruji coba di beberapa kejuaraan internasional, seperti Macau Open pada Mei 2011, dan Kejuaraan Dunia di Shanghai pada September 2011.

Berkaitan dengan negara yang patut diwaspadai, Eka menyebut Malaysia, Thailand, dan Singapura. "Malaysia yang bakal menjadi saingan berat Indonesia, selain itu dua negara lain juga harus diwaspadai, yakni Thailand dan Singapura karena menunjukkan kemajuan dalam beberapa tahun terakhir," ujar dia.

Eka akan turun pada empat nomor dari lima yang dipertandingkan, tim free, tim technical, combination, dan duet fee. Sedangkan nomor yang tidak diikutinya, duet technical.

Pelatih renang indah Indonesia, Ragil Sugi Restu, mengatakan, kontingen Indonesia berpeluang meraih satu medali emas pada nomor beregu. "Pengurus Besar PRSI menargetkan satu emas, dan semoga saja kami bisa mewujudkannya, karena persiapan anak-anak sudah cukup baik," ujar dia.

Dia menerangkan, telah menginstruksikan para atlet untuk memberikan penampilan terbaik pada pertadingan nanti. "Persiapan tinggal penyesuaian lapangan dan penyempurnaan koreografer saja, dan saat ini lebih fokus untuk menyiapkan mental atlet agar

benar-benar siap," ujar dia.

Tim Indonesia telah menjajal Stadion Akuatik sejak Minggu (6/11) untuk beradaptasi dengan arena pertandingan. Terdapat lima negara yang ambil bagian, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. (Ant/OL-2)

0 comments:

Post a Comment