Thursday, November 10, 2011

Besok, SBY Hadiri KTT APEC di AS


Presiden SBY
Presiden SBY
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara beserta delegasi dijadwalkan akan bertolak menuju Amerika Serikat pada 12 November 2011 dalam rangka menghadiri rangkaian pertemuan para pemimpin ekonomi APEC atau KTT APEC ke-19 di Honolulu.

“Bagi Indonesia, KTT APEC ini menjadi penting untuk memastikan kemajuan dalam implementasi The Bogor Goals. Oleh karena itu, Indonesia akan mendorong disepakatinya The Bogor Goals Progress Report Guidelines guna memastikan ada kemajuan yang terukur bagi pencapaian The Bogor Goals di 2020,” ujar Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah, dalam pesan elektroniknya, Jumat (11/11/2011).

Kepala Negara juga telah dijadwalkan untuk bersama-sama Perdana Menteri (PM) Jepang, PM Kanada dan PM Singapura melakukan dialog dengan para pengusaha terkemuka di Asia Pasifik dibawah koordinasi ABAC (APEC Business Advisory Council). "Selain menghadiri pertemuan KTT APEC, Presiden RI juga akan mengadakan pertemuan dalam bentuk breakfast meeting dengan para pengusaha AS dan Indonesia," imbuhnya.

Pertemuan ini merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk mendorong para pelaku bisnis dari kedua negara untuk meningkatkan kerja samanya. "Di samping itu, Presiden RI direncanakan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Kanada dan Presiden Rusia," tukasnya.

KTT APEC akan berlangsung pada 12 -13 November 2011. APEC dibawah keketuaan AS akan mengambil tema “21 Economies for the 21st Century" dengan tiga prioritas, yakni: Strengthening Regional Economic Integration (REI) and Expanding Trade; Promoting Green Growth; dan Advancing Regulatory Convergence and Cooperation. Adapun pembahasan yang akan dilakukan mencakup isu-isu growth and jobs, regulatoray reform and competitiveness, energy efficiency and energy security. (wdi)

0 comments:

Post a Comment