Wednesday, October 26, 2011

Membatik Masuk Kurikulum Sekolah di Kota Chicago

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK - Sekolah-sekolah di Indonesia sejatinya jangan kalah dari sekolah luar negeri yang lebih berperan aktif dalam melestarikan budaya Indonesia seperti batik. Sekolah-sekolah dasar dan menengah umum di Chicago, kota terbesar di negara bagian Illinois yang juga kota tempat kediaman Presiden Barack Obama, memasukkan pelajaran membatik dalam kurikulum pelajaran mereka.

Menurut keterangan Konsulat Jenderal RI di Chicago, pelajaran membatik akan dimasukkan dalam kurikulum sekolah dasar dan menengah Chicago Public School mulai tahun ajaran 2012. Pelajaran membuat batik juga akan diberikan kepada masyarakat umum Chicago Park District and Community Center.

Konsul Penerangan dan Sosial Budaya KJRI Chicago, Shirley Malinton, menyatakan pihaknya akan memberikan pelatihan cara membuat batik bagi guru-guru seni sekolah umum di Chicago. Pelatihan diselenggarakan atas kerja sama Peace School dan Chicago Public School.

''Pelatihan yang akan dilaksanakan pada 19 November mendatang ini untuk persiapan masuknya pelajaran membatik dalam kurikulum sekolah umum Chicago tahun 2012 nanti,'' kata Shirley.

Pelatihan "Batik Workshop for Art Educators" itu akan berlangsung di Douglas Park Cultural dan Community Center, Chicago. Pelatihan akan dipandu oleh Avy Loftus yang merupakan salah seorang seniman dan pendidik asal Indonesia.

0 comments:

Post a Comment