Wednesday, October 26, 2011

Kingdom of Sriwijaya Tema Pembukaan SEA Games

Laporan Wartawan Sriwijaya Post,  Darwin Sepriansyah
TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG - Kingdom of Sriwijaya menjadi salah satu tema pada tarian kolosal dalam acara pembukaan SEA Games 11 November mendatang. Konsep ini merupakan gambaran dari kebesaran kerajaan Sriwijaya di masa lalu.

Koreografer yang bertanggung jawab atas tarian ini adalah, Alex Hassim. Menurutnya tarian ini menceritakan kebesaran Kerajaan Sriwijaya sebagai penguasa daerah maritim di Asia Tenggara.

"Kita akan membuatkan kapal sungguhan untuk dijalankan di dalam stadion nantinya. Memang tidak secara lengkap sejarah Kerajaan Sriwijaya ini akan kita gambarkan, karena memang sedikit sulit untuk mencari literatur-literatur mengenai sejarah Sriwijaya. Namun suasananya akan terasa melalui kapal yang akan ditampilkan ini dan warna-warni khas Palembang," ujar Alex usai latihan di Lapangan Bola Kamboja Palembang, Rabu (26/10/2011)

Dikatakan Alex, ceritanya nanti ketika Kapal Sriwijaya itu datang maka akan disambut oleh rakyatnya. Ada yang berperan sebagai pengawal kerajaan, mereka ini akan melakukan tarian dengan tombak kayu. Sementara rakyatnya yang didominasi oleh perempuan akan melakukan tarian dengan menggunakan junjungan dan tebak. Tarian ini akan diiringi oleh theme song yang dinyanyikan oleh Agnes Monica.

"Lapangannya nanti kita akan gunakan lapangan virtual (elekrik kanvas).  Dimana, ini baru pertama kali dipertunjukkan di Indonesia. Filmnya masih dibuat di Australia dan akan ada juga pertunjukan kembang api yang didatangkan dari Amerika," ujar pria lulusan jurusan bisnis di salah satu akademi di Jakarta itu.

Para peserta tarian ini berjumlah sekitar 400 orang yang sebagian besar berasal dari siswa/i SMA dan Mahasiswa/i di Kota Palembang. Tidak ketinggalan pula anggota TNI dari Yon Zikon 12 Palembang sekitar 200 pasukan.

"Para penari ini akan dibantu juga dari penari dari Jakarta, namun jumlahnya hanya 40 orang," ujarnya.
Pria kelahiran Makasar, 28 Agustus 1962 ini menambahkan durasi tarian akan memakan waktu sekitar 10-12 menit. Menurut Alex, kalau ingin menceritakan sejarah Kerajaan Sriwijaya keseluruhan bisa sampai dua jam.

Para penari ini, diterangkan Alex, mulai latihan sejak tanggal 6 Oktober kemarin dan akan berlanjut sampai dengan pagelaran SEA Games nanti. Sebenarnya, Alex juga merasa bahwa waktunya sangat mepet untuk menggelar latihan. Oleh karena ini merupakan event Internasional dan membawa nama negara maka ia menyanggupinya.

"Namun kita tidak usah satu sama lain saling menyalahkan, yang terpenting sekarang adalah berlatih terus supaya dapat menampilkan karya yang terbaik pada pembukaan SEA Games nanti," ujarnya.

0 comments:

Post a Comment