Sunday, May 22, 2011

Lubang Misteri Bumi di Amerika

Terakhir Senin, 31 Mei 2010, badai tropis melanda bernama Agatha menyapu Amerika Tengah membawa hujan lebat yang menewaskan lebih dari 100 orang dan membuka 200 kaki (60m) sinkhole mendalam di Guatemala City yang dilaporkan menelan sebuah bangunan tiga lantai. Saksi mengklaim sedikitnya satu orang turun lubang.
Reaksi awal dari ahli geologi adalah bahwa lubang jurang. Lubang Sink dapat muncul tiba-tiba tetapi mengambil ribuan tahun dalam pembuatan. Lubang-lubang menganga biasanya disebabkan oleh air hujan secara bertahap menggerogoti batuan berpori seperti batu gamping di bawah permukaan, melemahnya, dan menciptakan sarang lebah dari gua-gua dan gua-gua yang dapat menjadi penuh dengan lumpur. Banjir mungkin telah memerah pergi bahwa lumpur - semuanya mengarah di atasnya runtuh.

Namun menurut laporan baru di Discovery, lubang di Guatemala bukan jurang.

     Lubang di Guatemala Kota tidak jurang. Ketika Anda memeriksanya, bahkan tidak terlihat seperti satu. Sisi yang bersih dan sifat khusus, dan bentuk yang garing dan geometri. Ini membantu untuk mengetahui bahwa Guatemala City di negara vulkanik, bukan negara batu gamping. Bahkan kota, seperti banyak di Amerika Tengah, duduk di sebuah lembah sungai mantan yang diisi sampai penuh dengan tuf vulkanik longgar. Ketika sesuatu compacts itu pada tingkat yang dalam, atau ketika aliran air tanah membawanya pergi, tufa yang dapat menyelesaikan ke bawah. Reilly mewawancarai seorang ahli geologi berlatih di Guatemala yang memberikan kami nama yang benar untuk struktur dan proses formatif-nya: struktur pipa. Piping juga disebut erosi terowongan, dan itu selalu menjadi perhatian sekitar bendungan besar, misalnya, atau ketika garis air utama atau selokan istirahat bawah tanah. [via About.com]

Kebetulan, lubang yang sama, 300 ft dalam, dibuka di Guatemala pada 2007 setelah pecah pipa pipa pembuangan limbah hanya beberapa blok dari bencana akhir pekan ini.


guatemala-hole (3)

guatemala-hole (5)

guatemala-hole (1)
guatemala-hole (4)
guatemala-hole (6)
guatemala-hole (7)
guatemala-hole (8)
guatemala-hole (9)

0 comments:

Post a Comment