Friday, March 18, 2011

Patung Budha Tidur di Mahavihara, Trowulan, Mojokerto

Melihat Majapahit dari Dekat

travel_13012011165_resizejpg-

Jawa Timur - Kota yang dulunya merupakan tempat berdirinya Kerajaan Majapahit ini berjarak kurang lebih 50KM dari Kota Surabaya waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam perjalanan kalau naik motor atau bis kota. Saya tertarik mengunjungi Mojokerto, karena selain terbilang dekat dengan Surabaya, kota ini masih menyimpan banyak bukti sejarah pada jaman berdirinya Kerajaan Majapahit, bukti peninggalannya bisa ditemukan di sekitar Desa Trowulan, yang dulunya merupakan pusat pemerintahan Majapahit. Saya langsung menuju ke Museum Majapahit di Desa Trowulan, semua bukti peninggalan sejarah Majapahit saya temukan disini, mulai dari perkakas rumah tangga sampai tulisan aksara jawa yang dipahat diatas batu, so amazing, ternyata kehidupan dan kebudayaan masyarakat Majapahit pada jaman dahulu sudah sangat maju. Setelah dari Museum saya melanjutkan berkeliling di sekitar Trowulan dan menemukan beberapa situs candi yang masih terawat dengan baik, salah satunya Candi Bragu yang konon merupakan candi tertinggi di Mojokerto. Selesai dengan Desa Trowulan saya menuju ke Desa Bejijong, tujuan saya kali ini adalah mengunjungi Mahavihara Majapahit, di vihara ini terdapat Patung Budha Tidur berwarna keemasan yang ukurannya terbilang cukup besar, sekali lagi saya merasa amazing, melihat sendiri bukti kalau Kerajaan Majapahit memang pernah ada, what a wonderful.

Satu hal lagi yang membuat saya betah berlama-lama disini adalah, udaranya sejuk sekali, apalagi kalau pagi hari, kabut baru akan hilang dari pandangan diatas jam 7 pagi. Sebelum saya mengakhiri perjalanan saya di kota ini dan kembali ke Surabaya, saya menyempatkan diri berjalan-jalan di sekitar Desa Kasiyan, kata teman saya di daerah ini mayoritas penduduknya adalah petani, walaupun tidak semua yang menanam padi, sebagian dari mereka adalah petani tebu. Selain bertani mereka juga sebagai pembuat batu bata, jadi tidak heran kalau disekitar areal persawahan banyak dijumpai semacam gubuk dan biasa disebut linggan. Linggan ini merupakan tempat pembuatan batu bata. Bicara soal mata pencaharian penduduk Mojokerto, ada juga yang berprofesi sebagai pengrajin Kuningan, di desa Bejijong salah satunya, saya sendiri sempat mampir dan melihat mereka bekerja, mulai dari proses mengolah bahan baku, mencetak, memanggang sampai tahap pemolesan/ finishing, untuk tahap akhir ini mereka menggun akan watu ijo (red: batu hijau) agar memberikan hasil mengkilap pada kuningan. Lucky me, saya pulang tidak dengan tangan kosong, oleh pemiliknya saya diberi souvenir berupa tempat lilin dan asbak berbentuk angsa dan kura-kura, saya senang sekali.


Akhirnya, perjalanan saya di kota ini berakhir dengan Wonosalam sebagai tujuan akhir saya. Bagi yang suka Durian, disinilah tempat yang tepat untuk berburu durian. Kita bisa menikmati durian masak pohon atau mau coba ikut memanen durian juga boleh.

Sekian cerita wisata saya selama dua hari di Mojokerto. For me, this two days journey is exciting. I do believe that Indonesia hide so many treasure of stories surrounding us, wait to be found.

0 comments:

Post a Comment