Wednesday, January 12, 2011

13 Januari, Gerbang Tol Cimanggis Operasi

Setelah melalui masa uji coba sejak 30 Juni 2010 lalu, besok, 13 Januari 2011 Gerbang Tol (GT) Cimanggis Utama (23 gardu tol) siap dioperasikan. Pemberlakuan mulai operasi didasarkan pada Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 02/KPTS/M/2011 yang diberitahukan kepada TMC polda Metro Jaya, Selasa (12/01/2011), melalui mesin fax TMC.

Atas surat itu maka terhitung mulai Kamis (13/1), pukul 00 WIB pintu Gerbang Tol Cimanggis resmi dioperasikan .

AKP Salim Margi, selaku Perwira Siaga TMC Polda Metro Jaya, mengatakan, nantinya setelah dioperasikannya gerbang tol Cimanggis ini, para pengguna jalan tol dari arah Ciawi, Bogor, Sentul, Cibinong, Gunung Putri, dan Cimanggis tidak perlu lagi melakukan pembayaran tol ruas Jagorawi di gerbang Taman Mini Indonesia Indah.

"Tidak ada lagi transaksi di gerbang TMII, transaksi pembayarannya dialihkan ke GT Cimanggis Utama," ujarnya.

Begitu juga dengan dioperasikannya gerbang tol Cimanggis Utama ini, maka kendaraan dari arah Cibubur ke arah Jakarta yang saat ini masih menggunakan sistem tertutup transaksinya (ambil kartu masuk di GT Cibubur dan bayar tol di gerbang keluar), kini menjadi sistem terbuka. Artinya, pengguna jalan tol langsung membayar tol pada saat memasuki GT Cibubur, dan dapat keluar di pintu keluar Pasar Rebo, TMII atau UKI dengan tarif merata.

Adapun tarif merata yang sudah ditentukan adalah sebagai berikut: Gol. I Rp. 2000,- II Rp. 3000,- Gol. III Rp. 3500,- Gol. IV Rp. 4000,- dan Gol. V Rp. 5000,-.

Dengan adanya perubahan transaksi tol maka tarif tol mengalami perubahan. Untuk kendaraan golongan I melewati Cawang arah Cibubur tarifnya turun dari Rp 2.500 menjadi Rp 2.000. (Wim)

0 comments:

Post a Comment